https://ferrari-wiki.com/ https://www.hillaryfarm.co.id/images/keth88/ https://ppdisnakertrans.riau.go.id/ http://103.153.229.43/ https://irontrianglebrewing.com/ http://38.9.137.147/ http://38.9.137.143/ http://multapipvtiti.com/bbfstoto/ https://umbima.ac.id/wp-content/-/ https://cg57811.tmweb.ru/halo/ https://dishub.riau.go.id/wp-content/-/ http://103.168.147.224/ http://ejournal.umpwr.ac.id/public/journals/26/ https://slotqris.media9.co.id/content/ http://dim-et-ioann.ioa.sch.gr/content/ https://dishub.riau.go.id/wp-admin/content/ https://ace.dilmil-yogyakarta.go.id/content/ http://103.160.62.181/
https://www.norcarestaurant.ca/wp-content/-/ http://strengthsensei.elegance.work/ https://institutomarlene.edu.co/wp-content/assets/
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BENGKEL MOTOR PAK DARUS DI KABUPATEN PURWOREJO | Wardani | OIKONOMIA - Jurnal Pendidikan Ekonomi

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN BENGKEL MOTOR PAK DARUS DI KABUPATEN PURWOREJO

Feri Kusuma Wardani

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan Bengkel Motor Pak Darus di Kabupaten Purworejo. (2) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara harga terhadap kepuasan pelanggan Bengkel Motor Pak Darus di Kabupaten Purworejo. (3) ada tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan Bengkel Motor Pak Darus di Kabupaten Purworejo. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Bengkel Motor Pak Darus. Sampel yang diambil sebanyak 50 responden dengan teknik Non-Probability Sampling dengan

pendekatan Sampling Quota. Pengumpulan data menggunakan metode angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil analisis deskriptif kualitas pelayanan berada pada kategori tinggi dengan presentase 52%, harga berada pada kategori tinggi dengan presentase 56%, dan kepuasan pelanggan berada pada kategori tinggi dengan presentase 60%. Berdasarkan analisis kuantitatif ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan diperoleh t=2,930 dengan signifikan ā‰¤ 0,05 dengan pengaruh sebesar r 2= 15,45%. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara harga terhadap kepuasan pelanggan diperoleh t=3,795 dengan signifikan ā‰¤ 0,05 dengan pengaruh sebesar r 2 = 23,42%. Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan harga secara bersama-sama terhadap kepuasan pelanggan Bengkel Motor Pak Darus di Kabupaten Purworejo dengan persamaan regresi š‘Œ = 13,042 + 0,277š‘‹1 + 0,362š‘‹2. R sebesar 0,605 dengan sig < 0,05, diperoleh R2 sebesar 0,366 sehingga pengaruhnya sebesar 36,60%. Nilai Fhitung sebesar 13,573 dengan sig = 0,000.

Kata kunci : kualitas pelayanan, harga, kepuasan pelanggan


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Publisher: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pendidikanekonomi@umpwr.ac.idĀ  , Telp: 0275-321494

Indexed Abstract: